Penalaran Matematis Siswa Kelas Viii Smp Dalam Menyelesaikan Permasalahan Barisan Bilangan Di SMP Negeri 3 Jember
Abstract
Pentingnya penalaran matematis bagi siswa sekolah telah tertulis dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi khususnya untuk pembelajaran matematika yaitu agar siswa dapat menggunakan penalaran pada pola, sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan, dan pernyataan matematika. Secara empiris yang terjadi di lapangan, banyak guru yang kurang memberikan perhatian dalam mengembangkan kemampuan penalaran siswa. Metode belajar yang sering digunakan lebih mengutamakan siswa dalam menghapal konsep dan sebagai penerima informasi. Hal inilah yang mengakibatkan tidak berkembangnya daya berpikir kreatif dan penalaran siswa serta keterbatasan ruang gerak dalam memperoleh pengalaman belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal barisan bilangan pada siswa kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah enam siswa dari kelas VIII F SMP Negeri 3 Jember yang terdiri dari masing-masing dua siswa yang memiliki tingkat penalaran tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes penalaran matematis, rubrik penskoran, dan pedoman wawancara. Keseluruhan instrumen yang digunakan mempunyai nilai validasi 3,00. Pengambilan data dimulai pada tanggal 3 dan 5 April 2018. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara.