Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di SDN Kepatihan 06 Jember
Abstract
Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember selama proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya antusias ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru juga belum maksimal dalam menerapkan pendekatan saintifik yang digunakan sehingga kesulitan untuk menumbuhkan nalar siswa, menumbuhkan kemampuan mengamati, menumbuhkan kemampuan bertanya serta menumbuhkan keberanian peserta didik untuk mengkomunikasikan hasil karya atau tugas yang sudah dikerjakan. Pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan berbagai metode untuk mengatasi permasalahan siswa dan salah satunya dengan penerapan metode role playing. Penerapan dengan metode role playing dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Tahapan-tahap dalam metode role playing sesuai dengan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran, dimana siswa berperan langsung menjadi tokohtokoh pada materi yang akan dipelajari. Siswa juga diberi kesempatan untuk mengalami sendiri serta memperoleh pengetahuannya secara langsung melalui sebuah permainan peran, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Hasil observasi pada aktivitas siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember tema Pahlawanku Subtema 2 pembelajaran 4 pada tanggal 7 november 2017 diperoleh data aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata klasikal 46,57 kriteria cukup aktif yaitu meliputi berpartisipasi aktif dalam kelompok dengan skor 60,52 kriteria cukup aktif, mengamati penampilan dari kelompok lain dengan skor 55,26 .