Show simple item record

dc.contributor.authorSofyan Al Ansori
dc.date.accessioned2013-12-12T14:42:39Z
dc.date.available2013-12-12T14:42:39Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210402116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8701
dc.description.abstractBedah Editorial Media Indonesia adalah acara yang ditayangkan setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 07:00 WIB di Metro TV untuk membedah Editorial Media Indonesia yang di dalamnya menyajikan tanggapan redaksi terhadap isu atau permasalahan yang aktual diperbincangkan dan dikemas dengan opini redaksi dalam bentuk video berdurasi sekitar tiga menit. Penelitian ini memfokuskan pada Editorial Media Indonesia bukan acara Bedah Editorial Media Indonesia. Penelitian Editorial Media Indonesia di Metro TV Edisi Juni 2011 ini diteliti berdasarkan teori retorika. Retorika ialah gaya penuturan yang bertujuan untuk memengaruhi sikap dan perasaan orang dengan mempergunakan semua unsur yang bertalian dengan kaidah-kaidah keefektifan sebuah bahasa baik dari diksi, gaya bahasa, dan penggunaan intonasinya. Berdasarkan uraian tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah retorika “Editorial Media Indonesia” di Metro TV edisi Juni 2011 ditinjau dari segi bentuk serta fungsi penggunaan diksi dan gaya bahasa?, (2) bagaimanakah retorika “Editorial Media Indonesia” di Metro TV edisi Juni 2011 ditinjau dari segi bentuk serta fungsi penggunaan nada, tekanan, tempo dan jeda?. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk serta fungsi diksi dan gaya bahasa dalam “Editorial Media Indonesia” di Metro TV edisi Juni 2011, (2) mendeskripsikan bentuk serta fungsi penggunaan nada, tekanan, tempo dan jeda dalam “Editorial Media Indonesia” di Metro TV edisi Juni 2011. Rancangan dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah segmen-segmen ujaran narator Editorial Media Indonesia edisi Juni 2011 yang berindikasi retorika. Sumber data dalam penelitian ini adalah transkrip Editorial Media Indonesia Edisi Juni 2011. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni menggunakan teknik rekam dan simak catat. Teknik analisis yang digunakan adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, serta menginterpretasi data. Hasil penelitian ini berupa pendeskripsian bentuk dan fungsi diksi, gaya bahasa, serta intonasi dalam Editorial Media Indonesia. Diksi pada Editorial Media Indonesia di Metro TV edisi Juni 2011 berupa diksi kata denotatif konotatif, kata umum khusus, serta kata ilmiah dan populer yang kesemuanya berfungsi sebagai kritik secara langsung maupun tidak langsung. Gaya bahasa yang terdapat dalam Editorial Media Indonesia di Metro TV edisi Juni 2011 meliputi gaya bahasa perbandingan (simile, metafora, personifikasi, antitesis, pleonasme, alegori, tautologi dan prolepsis), gaya bahasa pertentangan (hiperbola, litotes, paradoks, ineudo, sinisme, klimaks, antiklimaks dan histeron), gaya bahasa pertautan (metonimia, sinekdoke, alusio, retoris, paralelisme dan asindeton) dan gaya bahasa perulangan (kiasmus, anafora dan epifora). Gaya bahasa di samping mempunyai nilai estetis juga berfungsi sebagai inti penekanan secara langsung maupun tidak langsung yang ingin disampaikan narator kepada pendengar. Intonasi yang terdapat dalam Editorial Media Indonesia di Metro TV edisi Juni 2011 meliputi tekanan, nada, tempo dan jeda. Pemakaian intonasi di dalam Editorial Media Indonesia bersamaan dengan pemakaian unsur retorika yang lain seperti diksi dan gaya bahasa serta pemakaian intonasi tidak mengubah makna melainkan hanya mempengaruhi maksud narator. Fungsi intonasi dalam Editorial Media Indonesia adalah untuk memperjelas pemakaian diksi dan gaya bahasa. Berdasarkan hasil dan pembahasan retorika dalam Editorial Media Indonesia di Metro TV edisi Juni 2011 dapat disimpulkan bahwa penggunaan diksi, gaya bahasa dan intonasi akan menimbulkan efek estetis dan emotif bagi pendengar, sehingga pendengar akan mudah untuk memahami dan menghayatinya. Saran yang dapat diajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai pemanfaatan dalam pembelajaran keterampilan berbicara misalkan pidato dengan menggunakan diksi, gaya bahasa dan intonasi dengan tepat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402116;
dc.subjectRetorika, Editorial Media Indonesia, Metro TVen_US
dc.titleRETORIKA DALAM “EDITORIAL MEDIA INDONESIA” DI METRO TV EDISI JUNI 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record