• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal UN Fisika SMA pada Materi Medan Magnet Berdasarkan Tahapan Polya

    Thumbnail
    View/Open
    Esa Ria Permata Hati-140210102070.pdf (2.237Mb)
    Date
    2018-08-09
    Author
    HATI, Esa Ria Permata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) terdiri dari beberapa materi, salah satunya yaitu materi medan magnet. Materi medan magnet merupakan salah satu materi kelas XII yang masuk dalam SKL (Standar Kompetensi Lulusan) pada Sekolah Menengah Atas. Penguasan dan pemahaman konsep medan magnet sangat diperlukan karena kelas XII akan menghadapi UN, hal tersebut dapat diketahui melalui penyelesaian soal fisika materi medan magnet. Penyelesaian soal fisika medan magnet dapat menggambarkan seberapa besar kemampuan siswa menyelesaikan soal medan magnet dan tahapan Polya dapat digunakan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian yang telah ada memberikan kenyataan bahwa materi medan magnet menjadi salah satu materi yang jarang untuk diteliti mengingat betapa pentingnya meteri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal UN Fisika SMA pada materi Medan Magnet berdasarkan tahapan Polya. Tahapan Polya terdapat 4 tahapan, yaitu tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ditentukan menggunkan teknik purpose sampling area. Subjek penelitain diambil dari satu kelas pada setiap tempat penelitian. penelitain diadakan di SMAN Ambulu dan SMAN Balung. Metode pengumpulan data yag digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian dengan soal UN Medan Magnet berjumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data yang menunjukkan persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal UN materi Medan Magnet berdasarkan tahapan Polya. persentase rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal UN Fisika SMA materi Medan Magnet berdasarkan tahapan Polya di SMAN Ambulu, sebagai berikut: tahap memahami masalah sebesar 76,67%, tahap membuat rencana sebesar 22,93%, tahap melaksankan rencana sebesar 53,73%, dan tahap memeriksa kembali sebesar 7,07%. Sedangkan persentase rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal UN Fisika SMA materi Medan Magnet berdasarkan tahapan Polya di SMAN Balung, sebagai berikut: tahap memahami masalah sebesar 70,34%, tahap membuat rencana sebesar 32,00%, tahap melaksankan rencana sebesar 84,55%, dan tahap memeriksa kembali sebesar 6,21%. Berdasarkan data tersebut kedua sekolah baik SMAN Ambulu dan SMAN Balung baik dalam tahapam memahami masalah dan melaksankan rencana, tetapi kurang pada tahap menyusun rencana dan memeriksa kembali
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87000
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository