Show simple item record

dc.contributor.advisorLATHIF, Misno A
dc.contributor.advisorYULIANTI, Nanik
dc.contributor.authorSASMITA, Diana
dc.date.accessioned2018-08-08T02:54:32Z
dc.date.available2018-08-08T02:54:32Z
dc.date.issued2018-08-08
dc.identifier.nim140210205063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86972
dc.description.abstractMetode pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran merupakan metode untuk melatih perkembangan anak melalui kegiatan bermain. Pada dasarnya metode pembelajaran sentra dan waktu lingkaran memberikan rangsangan untuk memunculkan kreativitas dan inovasi melalui kegiatan bermain serta membuat anak tertarik, fokus, serius dan berkonsentrasi dalam pembelajaran. Pelaksanaan sentra yang baik didukung dengan perencanaan guru yang matang, sistematis dan penataan ruangan yang sesuai dengan jumlah anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran pada pembelajaran kelompok B dan apa sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung metode pembelajaran sentra di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso? Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran dan faktor penghambat serta pendukung metode pembelajaran sentra di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018 mengenai proses pemberian pijakan dalam pendekatan sentra dan rambu-rambu pelaksanaan sentra dari hasil observasi dan check list dapat dikategorikan baik, dengan diperkuat oleh beberapa argumen guru-guru sentra ketika diwawancarai secara terpisah. Guru mengupayakan mengatur ruang sentra secara bijak untuk memenuhi kebutuhan anak di setiap sentra, penentuan rencana pembelajaran yang ditentukan sesuai dengan karakteristik anak, pemilihan kegiatan dan alat permainan yang sesuai dengan tema maupun sub tema pembelajar. Faktor penghambat yang pernah dialami dalam metode pembelajaran sentra dan waktu lingkaran di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso adalah wali murid kurang percaya dengan metode sentra, namun untuk saat ini sudah tidak dialami sekolah sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik. Selain itu, faktor pendukung adalah adanya BOP, SPP, dan dukungan wali murid serta memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya sekolah lebih meningkatkan dan menyesuaikan dengan teori mengenai metode pembelajaran sentra dan waktu lingkaran terutama pada pengelolaan alat, bahan main, sarana dan prasarana yang digunakan anak dalam menunjang kegiatan pembelajaran di masing-masing sentra yang ada. Kepada tenaga kependidikan atau guru lebih meningkatkan densitas dan intensitas permainan agar anak memperoleh pengalaman yang lebih banyak dalam tiga jenis main perharinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran sentraen_US
dc.titleImplementasi Metode Pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran Pada Pembelajaran Kelompok B di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record