DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA IKLAN MAJALAH CITA CINTA EDISI 2010
Abstract
Diksi pada iklan merupakan diksi yang bersifat persuasif karena digunakan
untuk membujuk khalayak agar bertindak sesuai penyampai pesan. Agar iklan yang
ditawarkan mampu menarik minat khalayak maka diksi yang digunakan disusun
sedemikian rupa sehingga dapat dianalisis dari segi kriteria pemilihan diksi, fungsi
iklan, perubahan makna, dan gaya bahasa. Penggunaan diksi pada iklan dapat
dijadikan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran serta dapat
mencerdaskan dan mendidik khalayak sasaran. Berdasarkan hal tersebut maka
penelitian ini mengambil diksi pada iklan sebagai objek penelitian. Diksi pada iklan
yang diambil pada penelitian ini difokuskan pada bagian iklan yakni judul iklan, sub
judul iklan, dan closer.
Kajian pada penelitian ini terdiri atas empat rumusan masalah, yaitu tentang
(1) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria pemilihan
diksi, (2) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan,
(3) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna,
dan (4) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria gaya
bahasa. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi
2010 ditinjau dari kriteria pemilihan diksi, (2) mendiskripsikan diksi pada iklan di
majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan, (3) mendiskripsikan diksi
pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna, dan (4)
mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari gaya
bahasa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Rancangan
penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data dilakukan dengan teknik
dokumentasi data kemudian diadakan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan
dengan teknik deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri
dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan pada iklan
majalah Cita Cinta edisi 2010 berdasarkan kriteria pemilihan diksi meliputi
ketepatan, ketidaktepatan, kecermatan, ketidakcermatan, keserasian, dan
ketidakserasian. Berdasarkan fungsi iklan meliputi fungsi informasi dan fungsi
persuasi. Berdasarkan perubahan makna meliputi perluasan makna dan ameliorasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan pada iklan
majalah Cita Cinta edisi 2010 meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan,
pertautan, dan perulangan. Berdasarkan gaya bahasa perbandingan meliputi gaya
bahasa perbandingan atau simile dan personifikasi. Berdasarkan gaya bahasa
pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbola, paradoks, dan klimaks. Berdasarkan
gaya bahasa pertautan meliputi gaya bahasa metonimia. Berdasarkan gaya bahasa
perulangan meliputi gaya bahasa repetisi dan asonansi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran sebagai berikut (1) bagi
pembaca mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, diharapkan apabila hendak
mengungkapkan ide atau gagasan menggunakan pilihan kata yang tepat, cermat,dan
serasi agar tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda, (2) bagi guru SMP yang
mengajar bahasa Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi alternatif
pembelajaran untuk mengajarkan pilihan kata dan diharapkan lebih memanfaatkan
iklan sebagai materi autentik dalam proses pembelajaran, (3) bagi peneliti
selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan apabila ingin mengadakan
penelitian sejenis yang lebih luas.