Pengembangan Perangkat Pembelajaran Research Based Learning pada Mata Kuliah Pemodelan Matematika Kajian Locating Dominating Set untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif dan Inovatif Abad 21 Mahasiswa
Abstract
Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik
dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif, dan supaya memiliki
pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual
keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia. Pendidikan tidak lepas dari pendidik dan
peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
berbeda dengan cara tradisional yaitu pembelajaran yang berpusat pada pendidik,
dalam arti bahwa keduanya mempunyai pendekatan berbeda dalam isi, instruksi,
lingkungan kelas, penilaian, dan teknologi. Penelitian ini membahas tentang
pengembangan perangkat dengan menggunakan metode Research Based Learning
untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif dan inovatif mahasiswa pada materi
locating dominating set, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui proses dan
hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini. Jenis penelitian
ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang sudah
dimodifikasi yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan
tahap penyebaran.