Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHAYU
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorMAHARANI, Dian
dc.date.accessioned2018-08-01T07:01:25Z
dc.date.available2018-08-01T07:01:25Z
dc.date.issued2018-08-01
dc.identifier.nim140210204010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86898
dc.description.abstractPembelajaran 3 ini mengintegrasikan mata pelajaran PPKn dengan materi pokok keberagaman suku bangsa, mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok cerita fiksi dan IPS dengan materi pokok kegiatan ekonomi dan hubungannya. Pengintegrasian materi pada pembelajaran 3 ini cukup menarik dengan mengintegrasikan keberagaman suku bangsa dengan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia. Terlebih jika dalam pembelajaran ini didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik, maka pembelajaran akan lebih efektif dan berkesan kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran sebaiknya dilakukan setiap pembelajaran untuk memberikan kesan bermakna, namun tidak demikian kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember (lampiran) diperoleh hasil, tidak semua menggunakan media pembelajaran. Pada kompetensi dasar tersebut media yang dapat mengajak siswa untuk berinteraktif yaitu media pembelajaran dalam bentuk permainan. Permainan yang dimaksud adalah permainan ular tangga. Definisi permainan ular tangga yaitu permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pada siswa kelas IV di SDN Kepatihan 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018?”. Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikemukakan oleh Masyhud (2016:227) sebagai berikut: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk awal, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi produk pengembangan, (8) uji coba keefektifan. Pada langkah pertama yaitu penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, terdapat permasalahan yaitu media yang digunakan guru kurang bisa membuat siswa kreatif dan inovatif sehingga siswa sering merasa bosan dalam pembelajaran. Aspek yang direvisi pada langkah revisi desain produk awal yaitu kelayakan penyajian. Hal tersebut merupakan saran dari validator. Langkah revisi desain produk didapatkan dari balikan siswa setelah melakukan uji coba penggunaan. Angket yang telah diisi oleh siswa menyatakan bahwa ada revisi pada aturan permainan dan waktu yang disediakan untuk permainan ular tangga. Hasil pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga telah memenuhi dua kriteria yaitu: (1) valid, ditunjukkan dari hasil analisis data validasi oleh dua validator mendapatkan skor 89,13 termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran permainan ular tangga dinyatakan valid dan siap dieksperimenkan; (2) Efektif, ditunjukkan dari hasil perhitungan uji t pada ranah kognitif yaitu t hitung > t tabel (27,089 > 1,671), pada ranah afektif yaitu (18,041 > 1,671), pada ranah psikomotorik yaitu (19,605 > 1,671). Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran permainan ular tangga sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini yaitu bagi guru, media pembelajaran permainan ular tangga dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memilih media pembelajaran yang inovatif dan efektif, bagi peneliti lain hasil penelitian pengembangan ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang lebih kreatif dan inovatifen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectPermainan Ularen_US
dc.subjectSiswa Sekolah Dasaren_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV di SDN Kepatihan 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record