Show simple item record

dc.contributor.advisorSupeno
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorKURNIANINGRUM, Annisa Maya
dc.date.accessioned2018-08-01T03:58:05Z
dc.date.available2018-08-01T03:58:05Z
dc.date.issued2018-08-01
dc.identifier.nim120210102079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86887
dc.description.abstractPendidikan Nasional saat ini mengacu pada kurikulum 2013 yang telah ditetapkan dan diberlakukan sejak tahun 2013 pada semua tingkat kelas. Salah satu kompetensi yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran fisika adalah menganalisis konsep, prinsip dan hukum mekanika, fluida, termodinamika, gelombang, dan optik serta menerapkan metakognisi dalam menjelaskan fenomena alam dan penyelesaian masalah kehidupan. Salah satu ruang lingkup materi fisika adalah pemantulan dan pembiasan cahaya pada cermin dan lensa. Kemampuan untuk memberikan penjelasan ilmiah (scientific explanation) terhadap fenomena alam berbeda pada setiap orang. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk menjelaskan gejala yang terjadi di alam berdasarkan pengamatan yang dilakukan, namun tidak semua penjelasan tersebut merupakan penjelasan ilmiah (scientific explanation). Kemampuan siswa untuk memberi penjelasan tentang fenomena alam akan sangat berguna dalam memahami suatu masalah. Namun, siswa masih mengalami kesulitan dalam memberikan penjelasan ilmiah, siswa dapat mengamati, tetapi tidak mampu memberikan penjelasan yang tepat untuk fenomena tersebut. Siswa mengetahui fenomena tentang cahaya dan fenomena lain yang terkait tanpa mengetahui penjelasan yang tepat untuk fenomena tersebut. Oleh sebab itu, diadakanlah penelitian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memberikan penjelasan ilmiah (scientific explanation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan memberikan penjelasan ilmiah tentang peristiwa pemantulan dan pembiasan cahaya pada siswa SMA Negeri Pakusari. viii Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Pakusari pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen tes adalah empat soal uraian dengan indikator klaim, bukti dan penalaran, tentang peristiwa pemantulan dan pembiasan cahaya. Berdasarkan hasil analisis data, 0,7% responden termasuk kriteria sangat baik, 6,5% responden termasuk kriteria baik, 79,7% responden termasuk kriteria cukup, 8% responden termasuk kriteria kurang, dan 5,1% responden termasuk kriteria kurang sekali. Responden yang dapat memberikan klaim dengan tepat sebanyak 77,9%; responden yang dapat memberikan bukti dengan tepat sebanyak 91,6%; dan responden yang dapat memberikan penalaran dengan tepat sebanyak 9,6%. Kecenderungan siswa dalam menjawab indikator klaim adalah sama untuk setiap kelas yaitu mendapatkan skor 2, sedangkan kecenderungan siswa dalam menjawab indikator bukti adalah sama untuk setiap kelas yaitu mendapatkan skor 3, dan kecenderungan siswa dalam menjawab indikator penalaran adalah sama untuk setiap kelas yaitu mendapatkan skor 1. Persentase nilai kemampuan memberikan penjelasan ilmiah pada siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Pakusari sebesar 68,57%. Berdasarkan hasil analisis data di yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memberikan penjelasan ilmiah (scientific explanation) tentang peristiwa pemantulan dan pembiasan cahaya pada siswa kelas XI di SMA Negeri Pakusari tergolong kriteria cukup. Siswa cenderung mendapatkan skor 2 untuk indikator klaim, skor 3 untuk indikator bukti dan skor 1 untuk indikator penalaran. Siswa cenderung memberikan klaim dan bukti yang tepat untuk peristiwa pemantulan cahaya pada cermin datar, pemantulan cahaya pada cermin cembung, dan pembiasan cahaya pada medium yang berbeda, namun tidak dapat memberikan klaim yang tepat untuk peristiwa pembiasan cahaya pada lensa cembung. Selain itu, siswa cenderung tidak dapat memberikan penalaran yang tepat untuk peristiwa pemantulan dan pembiasan cahaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenjelasan Ilmiah (Scientific Explanation)en_US
dc.subjectPeristiwa Pemantulan dan Pembiasan Cahayaen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Memberikan Penjelasan Ilmiah (Scientific Explanation) tentang Peristiwa Pemantulan dan Pembiasan Cahaya pada Siswa SMA Negeri Pakusarien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record