Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi Persegi Panjang Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Iii SDN Kebonsari 04 Jember
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran aktif dan inovatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran yang aktif dan inovatif dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang terdapat lima komponen dalam pelaksanaannya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan studi dokumen hasil UAS yang dilakukan di kelas III A dan kelas III B SDN Kebonsari 04 Jember masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar rendah. Oleh karena masih banyak terdapat hasil belajar siswa yang rendah, diperlukan suatu cara untuk diterapkan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pola pretest-postest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t (t-test) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran aktif dan inovatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran yang aktif dan inovatif dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang terdapat lima komponen dalam pelaksanaannya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan studi dokumen hasil UAS yang dilakukan di kelas III A dan kelas III B SDN Kebonsari 04 Jember masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar rendah. Oleh karena masih banyak terdapat hasil belajar siswa yang rendah, diperlukan suatu cara untuk diterapkan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pola pretest-postest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t (t-test) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen serta kelas kontrol.
x
dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen serta kelas kontrol.