• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi Persegi Panjang Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Iii SDN Kebonsari 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Irawan Tri Hartanto - 140210204073.pdf Sdh.pdf (4.493Mb)
    Date
    2018-08-01
    Author
    Hartanto, Irawan Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran aktif dan inovatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran yang aktif dan inovatif dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang terdapat lima komponen dalam pelaksanaannya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan studi dokumen hasil UAS yang dilakukan di kelas III A dan kelas III B SDN Kebonsari 04 Jember masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar rendah. Oleh karena masih banyak terdapat hasil belajar siswa yang rendah, diperlukan suatu cara untuk diterapkan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pola pretest-postest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t (t-test) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran aktif dan inovatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran yang aktif dan inovatif dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang terdapat lima komponen dalam pelaksanaannya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan studi dokumen hasil UAS yang dilakukan di kelas III A dan kelas III B SDN Kebonsari 04 Jember masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar rendah. Oleh karena masih banyak terdapat hasil belajar siswa yang rendah, diperlukan suatu cara untuk diterapkan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pola pretest-postest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t (t-test) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen serta kelas kontrol. x dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen serta kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86878
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository