Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas Iii SDN Kepatihan 02 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan dasar, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Pembelajaran pada aspek menulis bermanfaat untuk melatih keterampilan siswa menuangkan ide/gagasan, atau pokok pikiran kepada orang lain yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Rendahnya nilai siswa kelas III SDN Kepatihan 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis, disebabkan oleh guru yang sering menjelaskan tanpa menggunakan model pembelajaran. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, aspek menulis siswa kelas III perlu adanya model picture and picture untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model picture and picture dengan harapan siswa aktif dan tertarik pada pembelajaran menulis paragraf, serta suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Kepatihan 02 Jember?; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Kepatihan 02 Jember melalui penerapan model picture and picture?. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini yaitu: 1) menelaah penerapan model picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Kepatihan 02 Jember; 2) meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN Kepatihan 02 Jember melalui penerapan model picture and picture.