Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Tema 8 Bumi Dan Alam Semesta Di SDN Kebonsari 01 Jember
Abstract
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, afektif serta mampun berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan beradaban dunia (Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013). Berdasarkan hasil observasi siswa kelas III SDN Kebonsari 01 Jember pada 04 September 2017, diketahui bahwa kendala yang dihadapi ketika pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 yaitu belum maksimalnya kurikulum 2013 diterapkan di SDN Kebonsari 01 guru kelas mengaku kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 kepada siswa. Siswa cenderung lebih aktif ketika menggunakan KTSP dibandingan menggunakan kurikulum 2013, guru kelas masih kesulitan menggunakan buku tema. Ketika menggunakan Kurikulum 2013 siswa terkesan santai dan meremehkan ketika pembelajaran berlangsung. Siswa seharusnya berperan aktif dalam pembelajaran dan potensi siswa harus berkembang di dalam kelas maupun diluar kelas.Maka dari itu diperlukan proses pembelajaran menggunakan metode karyawisata yang memberikan kesempatan kepada siswa agar bisa mengapresiasikan dirinya di luar kelas dalam mengembangkan potensi dan proses berpiki rmelalui proses belajar di luar kelas tidak hanya belajar di dalam kelas. Metode karyawisata adalah salah satu mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu objek atau ke tempat tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu.