• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Tema Pengalamanku Di SDN Sumbersari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Noor Baity Rachmika-140210204120.pdf-.pdf (7.033Mb)
    Date
    2018-07-31
    Author
    RACHMIKA, Noor Baity
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran memiliki langkah-langkah mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring pada semua mata pelajaran. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2017. Salah satunya dengan menggunakan media kartu gambar. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media kartu gambar diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Adakah pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II tema pengalamanku di SDN Sumbersari 01 Jember?” dan tujuan penelitian ini yaitu digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II tema pengalamanku di SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini “pra eksperimental” yaitu tipe post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Responden penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II yang terdiri dari kelas IIA dan IIB yang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 06 November 2017 sampai dengan 26 Maret 2018. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UAS. Data yang dianalisis berupa selisih rerata post-test pada kelas eksperimen (IIA) dan kelas kontrol (IIB). Rerata hasil belajar kelas eksperimen (IIA) = 78,10 sedangkan rerata hasil belajar kelas kontrol (IIB) = 57,89. Ada selisih perbedaan rerata masing-masing kelompok sebesar = 20,21. Selisis rerata post-test dijadikan acuan untuk menganalisa perhitungan uji-t. Perhitungan uji-t dilakukan dengan menggunakan SPSS dengan taraf signifikansi 5%. Perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 6,688 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada db = 64 yaitu diperoleh harga ttabel = 2,2609. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,688 > 2,2609, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis yang diperoleh dan berdasarkan penelitian lain, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar hasil belajar siswa kelas II SDN Sumbersari 01 Jember. Hasil pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86778
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository