Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B Di Paud Islam Terpadu Baiturrahman Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Aspek perkembangan sosial anak sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karena mempengaruhi proses perkembangan sosial anak di tahapan usia selanjutnya hingga dewasa. Aspek-aspek keterampilan sosial anak meliputi kerjasama, komunikasi, tenggang rasa, peduli sesama, penuh pengertian, tanggung jawab sosial, kesopanan, kemandirian. Observasi yang telah dilakukan di PAUD Islam Terpadu Baiturrahman Jember memberikan hasil, bahwa keterampilan sosial anak masih belum berkembang sesuai dengan aspek-aspek keterampilan sosial yang seharusnya. Hal ini dikarenakan bahwa di PAUD ini jarang sekali diadakan pembelajaran atau permainan di luar kelas sehingga anak kurang dapat mengembangkan keterampilan sosialnya. Melihat kondisi yang demikian, permainan tradisional gobak sodor dicobakan untuk mengetahui pengaruh permainan tersebut terhadap keterampilan sosial anak. Penelitian ini menggunakan perbandingan dua kelas yaitu kelompok B1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok B1 berjumlah 19 anak sedangkan kelompok B2 berjumlah 16 anak, akan tetapi satu anak dari kelompok B2 sudah mengundurkan diri dari sekolah sehingga jumlah dari kelompok B2 yaitu 15 anak yang aktif.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; Adakah pengaruh antara permainan tradisional gobak sodor terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di PAUD Islam Terpadu Baiturrahman Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di PAUD Islam Terpadu Baiturrahman Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan di PAUD Islam Terpadu Baiturrahman. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Islam Terpadu Baiturrahman Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Esksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif T-test Sample Independent.
Setelah dilakukan perlakuan atau treatment kepada kelompok eksperimen selama 8 kali pertemuan, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobak sodor dapat mempengaruhi keterampilan sosial anak kelompok B di PAUD Islam Terpadu Baiturrahman Jember. Saran yang disampaikan yaitu bagi guru permainan tradisional gobak sodor sangat efektif untuk diterapkan dalam kegiatan bermain anak di luar kelas karena di dalam permainan ini terdapat aspek-aspek keterampilan sosial anak yang terstimulus. Bagi kepala PAUD permainan tradisional gobak sodor dapat dijadikan referensi dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan permainan tradisional pada anak usia dini