Implementasi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Jember Fashion Carnaval the Implementation of Tourism Marketing Communication Jember Fashion Carnaval
Abstract
Pariwisata Jember menawarkan berbagai destinasi wisata, baik alam
maupun budaya. Wisata yang meliputi pantai, air terjun, kebun kopi dan coklat,
serta beragam pertunjukkan untuk memanjakan mata wisatawan yang datang.
Salah satunya atraksi pariwisata Jember Fashion Carnaval. Komunikasi
pemasaran dijadikan sebagai media promosi oleh tim JFC dan Dinas Pariwisata
dan Kebudayaan Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tentang implementasi komunikasi pemasaran pariwisata Jember Fashion Carnaval
dengan menggunakan metode penelitian deskriptif metode kualitatif dan analisis
domain dan taksonomi.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah implementasi komunikasi
pemasaran pariwisata JFC, dengan menggunakan media promosi periklanan
berupa baliho, spanduk, banner, radio lokas, televisi nasional, dan media cetak,
serta periklanan online melalui instagram dan website, media promosi penjualan
berupa mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pihak
swasta, serta roadshow didalam dan luar negeri, branding dimana halte di Jember
terdapat icon JFC dan mobil ambulance RS Binas Sehat, media hubungan
masyarakat dengan menggunakan media press conference, bekerjasama dengan
Lippo Mall dan Sevendream Kampung Jakcloth, menjadi keyspeakers seminar
atau workshop, support langsung oleh Kemenpar sebagai promotor tingkat pusat
Indonesia, media penjualan langsung berupa penjualan tiket masuk karnaval dan
merchandise, dan media pemasaran online berupa website resmi JFC dan daerah,
serta media sosial instagram, facebook, dan twitter. Hasil yang dicapai dari
implementasi komunikasi pemasaran ini adalah peningkatan jumlah kunjungan
wisatawan yang signifikan.