Implementasi Strategi Pemasaran Online Produk Handicraft pada IKM Sakacraft di Griya Mangli, Jember
Abstract
Pemasaran online adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran   suatu   produk   atau   jasa   dengan   menggunakan   media   internet. Diperlukan  strategi  pemasaran  yang  tepat  agar  pemasaran  online  terlaksana dengan baik. Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan- keputusan mengenai target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Sebelum menyusun strategi pemasaran perlu dilakukan analisis pasar terlebih dahulu. Ada empat aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis pasar yaitu change, competitor, customer, dan company (lanskap bisnis 4C). Lanskap bisnis yang dikenal dengan sebutan 4C diamond  yaitu  company, customer,  competitor,  change,  berubah  menjadi  5C global sphere, dimana C yang kelima adalah connect. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran online produk handicraft pada IKM Sakacraft di Griya Mangli, Jember.
Penelitian ini dilakukan pada IKM Sakacraft pada bulan Februari sampai bulan Maret 2018. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran online yang terjadi di perusahaan. Penentuan informan didasarkan  melalui  purposive method yang  artinya  peneliti  memilih  informan menurut kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek penelitian.  Metode  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum atau ditingkat  permukaan,  namun  relatif  utuh  tentang  objek  penelitian  tersebut.
Sedangkan analisis taksonomi adalah analisis yang terfokus pada domain-domain tertentu,  kemudian  memilih  domain  tersebut  menjadi  sub-sub  domain  serta bagian-bagian  yang  lebih  khusus  dan  terperinci  yang  umumnya  merupakan rumpun yang memiliki kesamaan.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  IKM  Sakacraft  melakukan Strategi pemasaran online yang dilakukan meliputi, penggunaan marketplace sebagai sarana transaksi penjualan produk, mengetahui keinginan konsumen melalui review pelanggan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada, dan menghubungkan 4C lanskap bisnis secara online melalui internet.
