Prosedur Kearsipan Korespondensi Pada Unit Dokumen Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IX Jember
Abstract
Dalam suatu organisasi atau instansi pasti terdapat kegiatan yang
berhubungan dengan kesekretariatan yaitu mengarah pada bidang administrasi
perkantoran, adapun kegiatan administrasi merupakan kegiatan mencatat,
mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk
membantu pimpinan dalam mengambil keputusan. Manfaat administrasi bagi
instansi secara umum antara lain dapat mempermudah untuk menghandle atau
menangani penyimpanan dokumen-dokumen penting dan berharga sehingga
dokumen tersebut tidak berceceran dan mempermudah penemuan kembali jika
sewaktu-waktu diperlukan. Sehingga dalam instansi rangkaian kegiatan
administrasi selalu dibutuhkan dan diterapkan, salah satunya mengenai kearsipan.
Kearsipan merupakan kegiatan pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau
sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan dengan teratur dan terencana
baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika
diperlukan, dari definisi kearsipan tersebut dapat difahami bahwa kearsipan akan
berperan dalam proses pengelolaan dokumen-dokumen instansi karena prosedur
yang selama ini diterapkan oleh kalangan instansi tentang penanganan dokumen
adalah dokumen tersebut pasti diarsipkan. Dokumen yang nantinya akan
diarsipkan terdapat banyak jenis, salah satunya yaitu koresponden atau surat,
surat merupakan dokumen yang berperan penting dalam instansi karena surat
merupakan media komunikasi antara pihak instansi dan pihak luar instansi.
Adapun pada setiap instansi, kegiatan koresponden memiliki rangkaian
atau proses dari sebelum koresponden tersebut di ciptakan hingga di simpan
sesuai dengan prosedur masing-masing. Tahap penyimpanan koresponden
dikenal dengan kegiatan pengarsipan koresponden, dalam hal ini terdapat pula
prosedur yang digunakan instansi untuk pengarsipan koresponden yang penting
untuk diketahui, termasuk pada PT KAI daerah operasi IX jember, pada PT KAI
daerah operasi IX Jember terdapat unit dokumen yang mengurus segala dokumen
yang masuk dari luar instansi ke dalam instansi termasuk koresponden, sehingga terdapat rangkaian kegiatan pengerjaan dokumen yang dilakukan oleh divisi
dokumen dari awal penerimaan dokumen hingga pengarsipan dokumen.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]