• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa Smkn 2 Jember Tentang Rangkaian Listrik Menggunakan Baterai Ganda Pada Pembelajaran Fisika

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Okta Wardani - 140210102013_.pdf (2.350Mb)
    Date
    2018-07-27
    Author
    WARDANI, Putri Okta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada hakikatnya sikap, proses, produk, dan aplikasi pada pembelajaran fisika tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Siswa diharapkan dapat mengalami secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga hakikat fisika dapat dirasakan siswa pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, siswa dituntut untuk dapat melakukan kegiatan pengulangan pengkajian materi fisika sebagai wujud pengetahuan proses yang didalamnya bekerja dengan prosedur ilmiah yang secara tidak langsung menuntut siswa untuk menggunakan kemampuan penalaranya dalam menjawab persoalan serta masalah berdasarkan argumen yang ilmiah dan logis. Penalaran merupakan aktivitas berpikir tingkat tinggi untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat pernyataan baru berdasarkan beberapa pernyataan yang yang telah diasumsikan sebelumnya. Guru sebagai tokoh utama dalam proses pembelajaran harus mengetahui tingkat kemampuan penalaran ilmiah siswa guna mengetahui keberhasilan pembelajaran di kelas. Akan tetapi belum banyak studi empirik tentang kemampuan penalaran ilmiah pada siswa dalam pembelajaran fisika, terutamanya di SMK Jember. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah siswa SMKN 2 Jember tentang rangkaian listrik menggunakan baterai ganda pada pembelajaran fisika. Peneitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Jember jurusan desain pembangunan yang berjumlah 107 siswa. Tes yang digunakan yaitu tes tulis yang diadaptasi dari jurnal penalaran ilmiah siswa pada rangkaian listrik yang menggunakan baterai ganda. Soal tes sebanyak 3 soal uraian yang mengandung pola penalaran ilmiah yang terdiri dari penalaran proporsional, penalaran korelasi, penalaran konservasi, dan penalaran hipotesis deduktif. Setelah siswa mengerjakan soal tes dilakukan wawancara guna memperkuat data yang didapat dari hasil tes. Hasil penelitian kemampuan penalaran ilmiah materi rangkaian listrik dengan menggunakan baterai ganda pada siswa di SMKN 2 Jember menunjukkan kategori rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan kategori pola yang paling banyak diperoleh siswa pada tiap indikator pola penalaran ilmiah. Pada kemampuan penalaran proporsional siswa mempunyai nilai persentase sebesar 48,03%, pada kemampuan penalaran korelasi siswa mempunyai nilai persentase sebesar 51,16%, pada kemampuan penalaran konservasi siswa mempunyai nilai persentase sebesar 30,32%, dan pada kemampuan penalaran hipotesis deduktif siswa mempunyai nilai persentase sebesar 14,61%. Identifikasi pada tiap indikator penalaran ilmiah siswa di SMKN 2 Jember memiliki capaian tertinggi pada pola penalaran korelasi dan capaian terendah kemampuan penalaran ilmiah pada penalaran hipotesis deduktif. Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara siswa setelah diberikan kunci jawaban menunjukkan bahwa semua siswa tidak mengetahui bahwa pada soal hipotesis dedutif mempunyai indikator pola yang harus diisi dan menyebabkan capaian siswa tergolong sangat rendah pada penalaran hipotesis deduktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86592
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository