Pengaruh Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Melalui Citra Merek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fkip Universitas Jember)
Abstract
Beragamnya merek-merek smartphone saat ini membuat konsumen semakin selektif memilih smartphone yang sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu produk smartphone yang mencuri perhatian adalah smartphone Samsung. Samsung menjadi fenomenal karena mampu menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia maupun di dunia. Begitu halnya pada proses keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember. Beberapa mahasiswa justru tetap memilih menggunakan Samsung meskipun terdapat beberapa merek-merek smartphone baru yang tidak kalah kualitasnya dengan Samsung. .
Mahasiswa FKIP Universitas Jember yang menggunakan smartphone Samsung rata-rata adalah mereka yang mengetahui merek Samsung itu sendiri dan mempersepsikan bahwa Samsung adalah produk yang sangat berkualitas. Persepsi tersebutlah yang membuat beberapa mahasiswa FKIP Universitas Jember mempercayai dan memilih Samsung sebagai pilihan yang tepat ketika melakukan keputusan pembelian smartphone.
Semakin baik persepsi mahasiswa terhadap smartphone merek Samsung maka mereka akan mencitrakan bahwa merek tersebut baik. Citra merek yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh persepsi kualitas terhadap produk tersebut, namun juga dipengaruhi oleh reputasi dari merek itu sendiri dan tingkat kepercayaan dari konsumen itu sendiri. Ketika citra merek dari suatu produk itu baik maka konsumen juga tidak akan ragu dalam melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari masing-masing variabel peneltian, sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh X1 dan X2 terhadap Y serta pengaruh X1 dan X2 terhadap Y melalui Z.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumen, dan wawancara. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis SEM (Structual Equation Modeling) melalui PLS (Partial Least Square) yang terdiri dari pengujian Inner Model, Outer Model dan Pengujian Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari masing-masing variabel yaitu ada pengaruh tidak langsung kesadaran merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui citra merek (Z) smartphone merek Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 18,2%, kemudian pengaruh tidak langsung persepsi kualitas (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui citra merek (Z) smartphone merek Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 18,3%, serta terdapat pengaruh langsung kesadaran merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) smartphone merek Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 24,5%, dan pengaruh langsung persepsi kualitas (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 21,1%, sehingga jika di total pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung pada keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa FKIP Universitas Jember.
Hasil penelitian menyatakan bahwa mahasiswa yang melakukan keputusan pembelian smartphone Samsung tidak dipengaruhi citra merek karena citra merek dengan sendirinya akan terbentuk ketika persepsi kualitas yang dirasakan oleh konsumen tersebut baik..