dc.description.abstract | Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada
tanggal 02 Januari 2018 sampai 05 Februari 2018 di PT. Bank Jatim Cabang
Jember, dalam pelaksanaannya lebih ditekankan untuk membantu di bagian Kredit
khususnya pada pengarsipan Kredit Multiguna, maka dapat di ambil kesimpulan
sebagai berikut :
1. Prosedur pengarsipan berkas Kredit Multiguna diawali dengan diterimanya
berkas masuk dari nasabah.
2. Setelah berkas diterima, kemudian berkas di cek kelengkapannya oleh staff
analis kredit.
3. Kemudian ada tambahan kelengkapan berkas dari petugas PT. Bank Jatim
Cabang Jember. Semua berkas yang sudah terkumpul dan tersusun rapi
selanjutnya dimasukkan ke dalam map berkas Kredit Multi Guna berwarna
merah muda.
4. Pada bagian depan map, ditulis keterangan nama dan nomor nasabah sesuai
dengan berkas yang ada di dalamnya untuk mempermudah petugas bila ingin
mencari berkas tersebut. Seluruh map berkas yang sudah diberi identitas
kemudian dimasukkan ke dalam kardus arsip dan diberi keterangan tanggal
pada kardus tersebut.
5. Setelah diberi tanggal secara lengkap kemudian kardus arsip disusun rapi di
dalam gudang arsip menurut tanggal yang ada.
6. Data nasabah/debitur juga disimpan di komputer dengan menggunakan
microsoft excel. Arsip pada komputer disimpan menurut tanggal serta nomor
yang ada pada map berkas kredit multiguna.
7 Secara tradisional, arsip dapat ditemukan kembali dengan mencari di dalam
gudang menurut susunan tanggal dan nomor arsip yang dibutuhkan. Secara
modern, arsip dapat ditemukan kembali melalui file kredit mutiguna yang
telah disusun menurut tanggal dan nomor loan pada komputer.
8. Dalam mengantisipasi terjadinya suatu bencana alam dan kehilangan data
arsip adalah dengan membackup arsip pada komputer. | en_US |