Prosedur Penanganganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Unit General Branch Administration Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Jember
Abstract
Surat adalah lembaran kertas yang memuat suatu informasi yang hendak
disampaikan oleh seseorang kepada orang lain. Informasi tersebut dapat berupa
pemberitahuan, pertanyaan, permintaan, laporan, peringatan, dan sebagainya.
Pada setiap instansi pasti memiliki bagian khusus yang menangani urusan
korespondensi, seperti pada unit General Branch Administration yang ada di PT.
Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Jember. Pengelolaan suratmenyurat
berhubungan dengan seluruh bagian, namun tetap surat terlebih dahulu
di proses pada Unit General Branch Administration. Berdasarkan hasil Praktek
Kerja Nyata pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Jember
dengan judul “Pengananan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Unit General
Branch Administration PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang
Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Penanganan Surat Masuk
Penanganan awal surat masuk adalah pencatatan menggunakan Buku
Register dan lembar disposisi. Surat yang biasa diterima oleh staf bagian
administrasi di Unit General Branch Administration PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) Kantor Cabang Jember. Tahapan pengelolaan surat
masuk adalah penerimaan surat, pencatatan surat, pengelompokan surat,
pendisposisian, pendistribusian, dan penyimpanan surat.
2. Penanganan surat Keluar
Surat Keluar yang biasa dibuat oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero)
Kantor Cabang Jember seperti print catatan rekening, surat tagihan dll.
Pengelolaan surat keluar secara umum meliputi pengkonsepan surat,
pengetikan, pemeriksaan, pencatatan dan pengiriman surat.