Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN Klompangan 02 Jember
Abstract
Hasil belajar IPA dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam proses belajar
baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang berperan dalam
hasil belajar IPA adalah lingkungan sekolah. Kebiasaan guru dalam mengajar,
interaksi antara guru dan siswa serta interaksi antar siswa merupakan salah satu
faktor yang menentukan hasil belajar IPA. Fasilitas yang terdapat di sekolah juga
sangat diperlukan untuk kegiatan pembelajaran. Fasilitas yang tidak lengkap akan
membuat proses pembelajaran menjadi terhambat. Pemanfaatan lingkungan
sekitar sebagai sumber pembelajaran IPA yang belum maksimal juga akan
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah, “adakah hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah
dengan hasil belajar IPA Kelas IV di SDN Klompangan 02 Jember?”. Tujuan dari
penelitian adalah “untuk mengetahui ada tidak adanya hubungan yang positif dan
signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPA Kelas IV di SDN
Klompangan 02 Jember.”
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 55 siswa pada kelas IV SDN
Klompangan 02 Jember yang semuanya dijadikan responden penelitian. Teknik
pengumpulan data lingkungan sekolah yang digunakan yaitu angket dan teknik
pengumpulan data hasil belajar IPA kelas IV yaitu dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah dengan uji korelasi Product Moment yang dibantu
program SPSS versi 23.