dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini yaitu bahan ajar yang inovatif dan sesuai dengan
kurikulum, perkembangan kebutuhan peserta didik, maupun perkembangan teknologi
informasi dalam pembelajaran. Pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan
minat dan prestasi belajar dapat dilakukan dengan pemberian strategi pembelajaran
berupa game. Game atau permainan memiliki potensi yang baik dalam
menyampaikan materi. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa 71 % dari 97 peserta
didik di 3 MAN Kabupaten Jember memiliki daya tarik yang rendah terhadap
pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS, Alasannya peserta didik sulit
memahami buku teks dan LKS yang masih disajikan dalam bentuk konvensional
dan bahasa yang sulit dipahami, selain itu berdasarkan hasil analisis gaya belajar,
peserta didik memiliki gaya belajar audio sebanyak 34,08 %, visual 30,64 %, dan
kinestetik sebanyak 35,26%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidik dituntut
untuk mampu mengembangkan bahan ajar sesuai gaya belajar yang beragam.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana hasil
validasi bahan ajar game edukasi pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS?
2)bagaimana tingkat kemenarikan bahan ajar game edukasi pada pembelajaran
Sejarah kelas XI IPS ?. Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
menghasilkan produk berupa bahan ajar berbantuan game edukasi menggunakan
Adobe flash cs 6 pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS. Bahan ajar
berbantuan game edukasi yang dihasilkan mampu menarik minat peserta didik dalam belajar sejarah. Bahan ajar game edukasi yang dikembangkan pada sub pokok
bahasan “akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini”
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ASSURE. Tahapan dalam model pengembangan ini yaitu analizy learner
characteristic, state performance, selct methods, media & materials, utilize
materials, requires learner participation, dan evaluate.
Hasil pengembangan menghasilkan produk berupa bahan ajar berbantuan
game edukasi Sejarah peminatan kelas XI IPS. Bahan ajar memaparkan pokok
bahasan akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini. Materi
dikemas menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 yang dilengkapi dengan game
edukasi berupa teka teki silang.
Kajian produk berisi produk yang telah direvisi. Kajian produk berisi
mengenai kajian aspek desain pesan dan desain teks, Sedangakan Kajian produk
dalam meningkatkan daya tarik peserta didik memaparkan kajian produk yang
dikembangkan tervalidasi dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan (1) Bahan ajar
berbantuan game edukasi didesain sesuai dengan kurikulum 2013; (2) Bahan ajar
berbantuan game edukasi didesain menggunakan tampilan yang hidup yaitu
menggunakan Adobe Flash CS 6 dengan visualisasi gambar, video, dan game
edukasi; (3) Bahan ajar berbantuan game edukasi dapat meningkatkan daya tarik
peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (4) Bahan ajar berbantuan gamme edukasi
dapat digunakan sebagai referensi belajar sejarah. Melalui kesimpulan di atas, maka
saran dari pengembang adalah Pendidik diharapkan dapat membuat suasana belajar
yang bervariasi , media pembelajaran, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum 2013. | en_US |