Show simple item record

dc.contributor.advisorNa’im, Mohamad
dc.contributor.advisorSumardi
dc.contributor.authorDidin, Fauzia Fandini
dc.date.accessioned2018-07-26T02:38:56Z
dc.date.available2018-07-26T02:38:56Z
dc.date.issued2018-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86482
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini yaitu bahan ajar yang inovatif dan sesuai dengan kurikulum, perkembangan kebutuhan peserta didik, maupun perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran. Pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar dapat dilakukan dengan pemberian strategi pembelajaran berupa game. Game atau permainan memiliki potensi yang baik dalam menyampaikan materi. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa 71 % dari 97 peserta didik di 3 MAN Kabupaten Jember memiliki daya tarik yang rendah terhadap pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS, Alasannya peserta didik sulit memahami buku teks dan LKS yang masih disajikan dalam bentuk konvensional dan bahasa yang sulit dipahami, selain itu berdasarkan hasil analisis gaya belajar, peserta didik memiliki gaya belajar audio sebanyak 34,08 %, visual 30,64 %, dan kinestetik sebanyak 35,26%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidik dituntut untuk mampu mengembangkan bahan ajar sesuai gaya belajar yang beragam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana hasil validasi bahan ajar game edukasi pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS? 2)bagaimana tingkat kemenarikan bahan ajar game edukasi pada pembelajaran Sejarah kelas XI IPS ?. Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbantuan game edukasi menggunakan Adobe flash cs 6 pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS. Bahan ajar berbantuan game edukasi yang dihasilkan mampu menarik minat peserta didik dalam belajar sejarah. Bahan ajar game edukasi yang dikembangkan pada sub pokok bahasan “akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini” Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE. Tahapan dalam model pengembangan ini yaitu analizy learner characteristic, state performance, selct methods, media & materials, utilize materials, requires learner participation, dan evaluate. Hasil pengembangan menghasilkan produk berupa bahan ajar berbantuan game edukasi Sejarah peminatan kelas XI IPS. Bahan ajar memaparkan pokok bahasan akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini. Materi dikemas menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 yang dilengkapi dengan game edukasi berupa teka teki silang. Kajian produk berisi produk yang telah direvisi. Kajian produk berisi mengenai kajian aspek desain pesan dan desain teks, Sedangakan Kajian produk dalam meningkatkan daya tarik peserta didik memaparkan kajian produk yang dikembangkan tervalidasi dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan (1) Bahan ajar berbantuan game edukasi didesain sesuai dengan kurikulum 2013; (2) Bahan ajar berbantuan game edukasi didesain menggunakan tampilan yang hidup yaitu menggunakan Adobe Flash CS 6 dengan visualisasi gambar, video, dan game edukasi; (3) Bahan ajar berbantuan game edukasi dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (4) Bahan ajar berbantuan gamme edukasi dapat digunakan sebagai referensi belajar sejarah. Melalui kesimpulan di atas, maka saran dari pengembang adalah Pendidik diharapkan dapat membuat suasana belajar yang bervariasi , media pembelajaran, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBerbantuan Game Edukasien_US
dc.subjectAdobe Flash Cs 6en_US
dc.subjectModel Assureen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbantuan Game Edukasi Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Dengan Model Assure Kelas XI IPSen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record