Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Akademik Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Abstract
Mahasiswa baru akan mengalami berbagai macam probematika saat dirinya berada dalam lingkungan akademik di perguruan tinggi. Stres akademik adalah stres yang terjadi dalam lingkungan pendidikan. Kondisi stres tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengarui terjadinya stres akademik adalah keyakinan/efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang dalam dalam mengatur dan melaksanakan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tertentu yang sesuai dengan harapannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini meggunakan sampel mahasiswa baru program reguler Fakultas Keperawatan UNEJ angkatan
2017 yang berjumlah 137 mahasiswa, menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan teknik sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner general self efficacy (GSE) dan kuesioner depresion, anxiety, and stress scale (DASS) sebagai alat pengumpul data yang sudah tervaliditas dan reliable. Uji statistik yang digunakan
adalah Spearmen Rank, karena data tidak terdistribusi normal dengan tingkat
kepercayaan 95% (α < 0,005)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa baru Fakultas Keperawatan UNEJ didapatkan nilai rata-rata sebesar 28,82. Variabel stres akademik didapatkan nilai rata-rata sebanyak 13,61 yang menunjukkan Hasil dari uji analisa statistik didapatkan bahwa Ha diterima, sehingga dapat diartikan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Keperawatan UNEJ. Nilai koefisien korelasi atau keeratan (r) hubungan antara kedua variabel sebesar -0, 724 yang artinya hubungan korelasi tersebut kuat. Dari hasil dan kesimpulan peneitian ini diharapkan kepada mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Keperawatan untuk terus berusaha meningkatkan keyakinannya dalam menghadapi berbagai problem selama kuliah dengan cara memperbanyak dukungan dan sharing/ diskusi dengan teman sebaya, adik atau kakak tingkat, banyak diskusi dengan dosen.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]