PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). Penerapan model kooperatif
teknik Jigsaw dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 2). meningkatkan aktivitas belajar
ix
siswa melalui penerapan model kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V
di SDN Bintoro 01 Jember. 3). meningkatkan hasil belajar siswa sampai memenuhi
kriteria ketuntasan minimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik
Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember.
Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model
Hopkins dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada ketercapaian
indikator Visual Activities pada siklus I sebesar 84,5 pada siklus II 88,1. Pada Oral
Activities siklus I sebesar 63,0 pada siklus II 65,5. Pada Listening Activities siklus I
sebesar 69,0 pada siklus II 76,2. Pada Writing Activities siklus I sebesar 65,5 pada
siklus II 70,2. Pada Mental Activities siklus I sebesar 66,7 pada siklus II 80,9.
Sedangkan persentase pada hasil belajar diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam
kategori tuntas pada siklus I sebesar 67,9% sedangkan pada siklus II mencapai 82,1%
dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami
peningkatan sebesar 14,2%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran
kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam
di SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang kabupaten Jember.