MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Head Together (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TAPANREJO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita kelas IV
SDN 03 Tapanrejo dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT dengan media gambar seri. Penerapan pembelajaran
kooperatif tipe NHT berlangsung dengan prosedur : 1) guru menjelaskan tentang
definisi dari cerita. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada siswa
tentang cerita. 2) guru memberikan contoh yang disertai dengan gambar seri
bagaimana cara menulis sebuah cerita dengan bantuan gambar seri. 3) siswa
mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan urutan dari ganbar seri. 4)
guru dan siswa melakukan kesepakatan tiap-tiap inti dari gambar seri tersebut. 5)
guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 45
siswa, dan setiap kelompok mendapatkan nomor. 6) guru membagikan LKS
kepada setiap kelompok sebagai bahan yang dipelajari. 7) guru membacakan
sebuah teks cerita yang berhubungan dengan gambar seri. 8) Dengan bimbingan
guru, siswa mengerjakan LKS 8) Nomor yang dipanggil mempresentasikan hasil
susunannya dalam mengisi sebuah cerita.
Kemampuan siswa kelas IV SDN 03 Tapanrejo dalam menulis cerita, pada
siklus I, setelah diterapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) dengan gambar seri belum mencapai
ketuntasan belajar yang telah ditetapkan oleh SKBM SDN 03 Tapanrejo. Pada
siklus I hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 66,66%, pada siklus II ketuntasan
klasikal yang berhasil dilakukan oleh siswa sudah mencapai 88,88% hal ini
merupakan peningkatan yang cukup signifikan terhadap siswa dibandingkan pada
siklus I.