Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Mathematics Problem Solving Performance Modelling Pada Konten Space and Shape untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model 4-D dari
Thiagarajan yang sudah dimodifikasi. Kegiatan yang dilakukan adalah sebagai
berikut. (1) Tahap pendefinisian yaitu analisis awal-akhir terhadap kurikulum
sekolah dan teori belajar, analisis siswa untuk mengetahui kompetensi dan
karakteristik siswa terutama dalam kemampuan pemecahan masalah siswa,
analisis konsep terkait materi-materi yang sudah dipelajari siswa, analisis
tugas berhubungan dengan tugas-tugas yang diberikan untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah, dan spesifikasai tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. (2) Tahap perancangan yaitu tahap pemilihan tes berupa tes
exemplar problem, tahap pemilihan media yaitu LKS yang di dalamnya
memuat permasalahan dalam exemplar problem, pemilihan format berupa
perangkat pembelajaran dengan model problem solving performance
modelling dan langkah-langkah pembelajarannya, dan tahap perancangan awal
yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, dan exemplar
problem dalam betuk draf I. (3) Tahap pengembangan terdiri dari tahap
validasi yang dilakukan oleh 2 dosen program studi pendidikan matematika
Universitas Jember dan 1 guru matematika SMP Negeri 1 Jember; tahap uji
keterbacaan diberikan kepada siswa kelas VII selain subyek penelitian; serta
tahap uji coba lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember sebanyak 4 kali uji coba, 1 kali pemberian pretest, dan 1 kali pemberian post test dalam
bentuk exemplar problem awal dan exemplar problem akhir.