• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Mathematics Problem Solving Performance Modelling Pada Konten Space and Shape untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Laila Kumara Romadhani-110210101015.pdf a-.pdf (2.782Mb)
    Date
    2018-07-24
    Author
    Romadhani, Laila Kumara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang sudah dimodifikasi. Kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. (1) Tahap pendefinisian yaitu analisis awal-akhir terhadap kurikulum sekolah dan teori belajar, analisis siswa untuk mengetahui kompetensi dan karakteristik siswa terutama dalam kemampuan pemecahan masalah siswa, analisis konsep terkait materi-materi yang sudah dipelajari siswa, analisis tugas berhubungan dengan tugas-tugas yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan spesifikasai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Tahap perancangan yaitu tahap pemilihan tes berupa tes exemplar problem, tahap pemilihan media yaitu LKS yang di dalamnya memuat permasalahan dalam exemplar problem, pemilihan format berupa perangkat pembelajaran dengan model problem solving performance modelling dan langkah-langkah pembelajarannya, dan tahap perancangan awal yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, dan exemplar problem dalam betuk draf I. (3) Tahap pengembangan terdiri dari tahap validasi yang dilakukan oleh 2 dosen program studi pendidikan matematika Universitas Jember dan 1 guru matematika SMP Negeri 1 Jember; tahap uji keterbacaan diberikan kepada siswa kelas VII selain subyek penelitian; serta tahap uji coba lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember sebanyak 4 kali uji coba, 1 kali pemberian pretest, dan 1 kali pemberian post test dalam bentuk exemplar problem awal dan exemplar problem akhir.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86355
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository