Perkembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Cerita Animasi Berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon Pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai
Abstract
Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbentuk cerita
animasi berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan
perbandingan senilai dan berbalik nilai di MTsN 1 Jember menggunakan
model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu sebagai berikut.
Tahap Analisis, yaitu menganalisis masalah dan kebutuhan yang terdiri
atas.
Analisis Kurikulum, yaitu menganalisis kompetensi inti dan
kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang meliputi
siswa mampu membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai
dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan, dan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
dan berbalik nilai.
Analisis Peserta Didik, yaitu karakteristik peserta didik SMP/MTs
terutama kelas VII menyukai cerita animasi dan dalam cerita animasi
tidak diperbolehkan ada unsur kekerasan, diskriminasi, dan konten
negatif lainnya yang berpengaruh buruk bagi peserta didik. Selain itu,
siswa MTs Negeri 1 Jember belum pernah belajar menggunakan
komputer.
Analisis Materi, yaitu materi perbandingan senilai dan berbalik nilai
termasuk materi yang sulit dipelajari, karena peserta didik kesulitan
membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.