PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) DI SDN CURAHNONGKO 03 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 03 Kecamatan Tempurejo
Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 anak,
yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada siklus 2
yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan
rumus : Pa =
A
N
X100 dan E=
N
n
X100.
Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara
berurutan yaitu 60,42 % dalam kategori aktif dan 64,58% dalam kategori aktif. Dari
analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan
individu yang terdiri dari siklus I sebesar 70% dengan 6 siswa belum tuntas,
persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal, dan siklus II sebesar 80%
dengan 4 siswa yang belum tuntas, dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil
analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa.