KETEPATAN PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN PENDIDIK PAUD DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011
Abstract
Media merupakan salah satu alat bantu (perantara) atau pengantar pesan dari
pengirim ke penerima pesan yang bertujuan merangsang pikiran, perasaan, perhatian,
dan minat serta perhatian seseorang maupun kelompok agar proses belajar terjadi.
Dimana penggunaan media pada pelatihan pendidik PAUD di UPTD Sanggar
Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bondowoso dapat membantu dan memudahkan
pemateri dalam menyampaikan isi materi. Sedangkan untuk peserta pelatihan dapat
mempermudah memahami materi yang disampaikan dan memperjelas isi materi yang
disampaikan oleh instruktur (pemateri).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ketepatan
penggunaan media komputer dalam proses pembelajaran pada pelatihan pendidik
PAUD di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bondowoso . Daerah
penelitian yang digunakan adalah di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten
Bondowoso berdasarkan metode purposive. Subjek penelitian adalah penyelenggara
pelatihan (Kepala UPTD SKB Bondowoso dan Pamong belajar) di Sanggar Kegiatan
Belajar kabupaten Bondowoso yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan
metode purposive sampling berdasarakan kriteria.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian non eksperimental dengan tekhnik analisis data
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa penggunaan media pelatihan yang digunakan pada pelatihan pendidik PAUD di UPTD SKB Kabupaten
Bondowoso adalah tepat dan sesuai dengan tujuan pelatihan yang ingin dicapai.