Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Teknik Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii B Smpn 1 Jelbuk.
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang kompleks.
Pembelajaran menulis di sekolah lebih banyak disajikan dalam bentuk teori. Hal ini
menyebabkan pembelajaran menulis dianggap membosankan yang berimbas pada
rendahnya kemampuan menulis siswa. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, guru
tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran, tetapi juga dapat mensiasati
pembelajaran menjadi kegiatan yang menarik sehingga materi yang disampaikan lebih
mudah diserap dan kemampuan menulis siswa dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam
penelitian ini dilakukan tindakan dengan memadukan beberapa metode pembelajaran
untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga kemampuan menulis teks
cerita fantasi siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan yaitu dengan
memadukan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik guided writing.
Perpaduan tersebut dilakukan karena model quantum teaching merupakan model yang
dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran, maka dibutuhkan teknik khusus yang
berhubungan dengan kegiatan menulis yaitu teknik guided wiritng. Permasalahan yang
dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) penerapan model pembelajaran quantum teaching
dengan teknik guided writing untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita
fantasi siswa kelas VII B SMPN 1 Jelbuk; (2) keterampilan menulis teks cerita fantasi
siswa kelas VII B SMPN 1 Jelbuk setelah diterapkan model pembelajaran quantum
teaching dengan teknik guided writing.