• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas v Sdn Kebonsari 04 Jember.

    Thumbnail
    View/Open
    IFA DARNA NILASARI 140210204099.pdf (3.231Mb)
    Date
    2018-07-12
    Author
    NILASARI, Ifa Darna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) adalah pembelajaran yang menggunakan masalah kontekstual atau dunia nyata sebagai sumber dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidak adanya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebonsari 04 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember pada tanggal 20 Oktober-25 November 2017. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri atas kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 99 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan non-equivalent control group design. Penentuan kelas eksperimental dan kelas kontrol dilakukan melalui uji homogenitas berdasarkan Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil uji homogenitas menggunakan analisis varians diperoleh hasil Fo sebesar 0,986. Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan Ft pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,15. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fo < Ft (0,986 < 3,15) yang berarti tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan pada kelas VA, VB, dan VC. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel secara random. Kelas VC sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86284
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository