Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas v Sdn Kebonsari 04 Jember.
Abstract
Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) adalah
pembelajaran yang menggunakan masalah kontekstual atau dunia nyata sebagai
sumber dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan ada atau tidak adanya pengaruh pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa kelas V SDN Kebonsari 04 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember pada tanggal 20
Oktober-25 November 2017. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V yang
terdiri atas kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 99 siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimental semu dengan non-equivalent control group
design. Penentuan kelas eksperimental dan kelas kontrol dilakukan melalui uji
homogenitas berdasarkan Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil uji
homogenitas menggunakan analisis varians diperoleh hasil Fo sebesar 0,986.
Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan Ft pada taraf signifikansi 5%
sebesar 3,15. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fo < Ft (0,986 < 3,15)
yang berarti tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan pada kelas VA, VB,
dan VC. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel secara random. Kelas VC
sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran menggunakan
pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VB sebagai kelas
kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional.