Show simple item record

dc.contributor.advisorMUTROFIN
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorWAHYUNI, Dian Eka
dc.date.accessioned2018-07-11T07:46:39Z
dc.date.available2018-07-11T07:46:39Z
dc.date.issued2018-07-11
dc.identifier.nimNIM140210204070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86281
dc.description.abstractPengembangan kurikulum 2013 mencakup beberapa perubahan penting baik dari substansi, proses pembelajaran, peran guru, sampai dengan rancangan pembelajaran dan penilaiannya. Penilaian yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum 2013 berupa penilaian autentik, yaitu penilaian yang menyeluruh atau menekankan pada tiga aspek (kognitif, psikomotor dan afektif) dalam pembelajaran. Berdasarakan observasi awal yang dilakukan pada enam sekolah dasar yaitu SDN Jember Lor 01, SDN Jember Lor 03, SDN Patrang 01 Jember, SDN Sumbersari 01 Jember, SDN Karangrejo 03 Jember, dan SDN Kepatihan 01, sebesar 83% guru mengatakan penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sulit untuk dijabarkan menjadi indikator pembelajaran, padahal indikator pembelajaran merupakan acuan penilaian yang digunakan sebagai tanda tercapainya suatu kompetensi. Oleh karena itu diperlukan pedoman khusus untuk memudahkan guru dalam memberikan penilaian, sehingga hasilnya mendekati benar. Rumusan masalah yang dapat diambil dari permasalahan tersebut yaitu, “Apakah hasil pengembangan instrumen penilaian sikap untuk menunjang praktik penilaian dalam penerapan kurikulum 2013 sudah valid dan reliabel?”. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, “Untuk mengetahui apakah hasil pengembangan instrumen penilaian sikap untuk menunjang praktik penilaian dalam penerapan kurikulum 2013 sudah valid dan reliabel”.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204070;
dc.subjectPenilaian Aspek Afektif Praktik Penilaian Penerapan Kurikulum 2013.en_US
dc.titlePengembangan Penilaian Aspek Afektif Untuk Menunjang Praktik Penilaian Dalam Penerapan Kurikulum 2013.en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record