Kajian Aturan Non-Random ChaosGame pada Segitiga.
Abstract
Chaos Game merupakan bentuk permainan menggambar titik dalam suatu
bidang dengan aturan tertentu yang diulang-ulang secara iteratif. Salah satu
metode untuk membangkitkan fraktal adalah Chaos Game. Banyak penelitian
yang mengembangkan metode Chaos Game dengan memodifikasi aturannya.
Pada penelitian ini dikaji pengembangan aturan Chaos Game yang disebut aturan
non-random Chaos Game dimana aturan tersebut akan diterapkan pada segitiga.
Simulasi program aturan non-random Chaos Game ini dilakukan enam
percobaan dengan memvariasikan segitiga, urutan pemilihan titik sudut dan letak
titik awal yang berbeda-beda. Urutan pemilihan titik sudut yang digunakan
berdasarkan kombinasi dari tiga titik sudut segitiga yaitu 𝑇, 𝑇 dan 𝑇. Setiap
percobaan menunjukkan distribusi pengelompokan titik-titik bentukan nonrandom
Chaos Game pada titik sudut 𝑇, 𝑇 dan 𝑇 memiliki frekuensi yang sama
karena pemilihan titik sudut dilakukan secara urut sehingga pada seluruh
percobaan menghasilkan peluang terpilihnya titik sudut yang cenderung sama
yaitu 33,33%. Setiap percobaan menghasilkan visualisasi non-random Chaos
Game dengan titik-titik yang tidak dapat menyebar pada seluruh daerah titik
sudut. Titik-titik bentukan non-random Chaos Game hanya berkelompok di
koordinat tertentu pada masing-masing pemilihan titik sudut yang sama. Dengan
demikian, objek bentukan non-random Chaos Game tidak dapat dikatakan sebagai
fraktal karena objek tersebut tidak membentuk suatu bentuk tertentu dan tidak
memiliki salah satu sifat penting fraktal yaitu self similarity.