Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorHARIYADI, Slamet
dc.contributor.authorMASRUROH, Siti
dc.date.accessioned2018-07-04T04:29:24Z
dc.date.available2018-07-04T04:29:24Z
dc.date.issued2018-07-04
dc.identifier.nimNIM130210103048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86154
dc.description.abstractFakta-fakta ketika dilakukan observasi di SMP Negeri 1 Jelbuk menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai ulangan harian pada materi sebelumnya yang diperoleh kelas VII C tergolong paling rendah, sehingga perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMP Negeri 1 Jelbuk adalah 75. Dari 35 siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 3 siswa dan 32 siswa lainnya masih berada dibawah nilai KKM, jadi secara klasikal hanya 8,6% siswa dalam satu kelas yang lulus KKM. Pada kelas VII C ini terlihat kurangnya perhatian maupun semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menurut guru mata pelajaran IPA tersebut siswa kurang tanggap terhadap tugas yang diberikan guru dibadingkan dengan kelas lainnya. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan juga masih rendah, hal ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengkombinasikan berpikir logis dan divergen. Permasalahan lainya yaitu mengenai perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih sering berbicara dengan teman sebangkunya. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut maka keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif sehingga keterampilan berpikir kreatifnya dapat berkembang, serta model pembelajaran yang dapat menjadikan masalah dikelas seperti berbicara dengan teman sebangku menjadi salah satu tahapan dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang mengelompokkan siswa dengan teman sebangku yaitu salah satunya model pembelajaran Think Pair Share (TPS).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103048;
dc.subjectPenerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS),en_US
dc.subjectdengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif,en_US
dc.subjectdan Hasil Belajar IPA Biologien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP N 1 JELBUK JEMBER (MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record