dc.description.abstract | Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk dapat menggunakan
model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelas, sehingga menciptakan
suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Permasalahan yang sering terjadi
dalam proses pembelajaran adalah rendahnya aktivitas belajar siswa khususnya
pada mata pelajaran IPS. Adanya kondisi tersebut perlu dicari alternatif model
pembelajaran yang bisa mengatasi masalah yang terjadi dalam proses
pembelajaran di kelas. Alternatif pemecahan masalah tersebut dengan
menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing tersebut siswa diberi kesempatan untuk memperhatikan dan
mendengarkan penjelasan ketua kelompok, menjawab pertanyaan, bertanya, membaca
materi, memberikan tanggapan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Wonomerto
Probolinggo pada Mata Pelajaran IPS Materi Keunggulan dan Keterbatasan Antar
Ruang pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia,
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017 – 2018. Analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang
masing masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumen. | en_US |