• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PRISMA DAN LIMAS MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Sitty Yuliana.pdf (124.2Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Sitty Yuliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesalahan siswa antara lain kesalahan teorema atau definisi, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan penggunaaan data, kesalahan teknik serta kesalahan lainnya Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang terpusat kepada guru sebagai pemberi informasi bahan dan materi pelajaran. Prisma dan Limas adalah salah satu sub pokok bahasan bangun ruang sisi datar yang membutuhkan pemahaman konsep yang baik, ketepatan dan keterampilan dalam menggunakan data. Hal ini sangat memungkinkan bagi siswa untuk melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu, diperlukan peran serta seluruh anggota tubuh agar pembelajaran tidak membosankan. Suatu pendekatan belajar yang melibatkan alat indra yaitu indra penglihatan, pendengaran, peraba dan emosi dalam belajar dikenal dengan sebutan SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual). Penggunaan pendekatan SAVI diharapkan berguna dalam melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan kegiatan pembelajaran matematika untuk mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika, khususnya soal-soal Prisma dan Limas. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menelaah bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa, menelaah penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan menelaah efektivitas pembelajaran dengan pendekatan SAVI dalam mengurangi kesalahan siswa menyelesaikan soal prisma dan limas siswa kelas VIII SMPN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2009/2010. ix Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII D SMP Negeri 2 Bondowoso mulai 21 April – 8 Mei 2010. Dalam penelitian tindakan kelas ini, akan dilaksanakan dua siklus pembelajaran. Tindakan pendahuluan dalam penelitian ini adalah observasi tentang metode mengajar guru serta mengadakan tes pendahuluan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada materi prisma dan limas. Setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan pendekatan SAVI, siswa diberi tes akhir 1 untuk prisma dan tes akhir 2 untuk limas. Hal tersebut dilaksanakan untuk mengetahui ada tidaknya atau besarnya perubahan tingkat kesalahan siswa pada masing-masing jenis kesalahan. Dengan demikian, akan diketahui keefektifan pembelajaran dengan pendekatan SAVI untuk mengurangi tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal prisma dan limas. Hasil penelitian ini didapat, jumlah siswa yang melakukan kesalahan penggunaan teorema mengalami penurunan sebesar 1,01%. Kesalahan teknik juga mengalami penurunan sebesar 1.02%, sedangkan kesalahan lainnya mengalami penurunan yaitu 7,73%. Pada limas didapat kesalahan penggunaaan data mengalami penurunan sebesar 3,48%. Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan teorema mengalami penurunan yang sangat kecil sebesar 0,4%. Kesalahan teknik juga mengalami penurunan sebesar 1.39%, sedangkan kesalahan lainnya mengalami penurunan yang sangat besar yaitu mencapai 20,83%. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran semakin lama semakin meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dengan persentase keaktifan siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 64 % dan70,4%. Pada siklus 2, aktivitas siswa meningkat menjadi 79,9% dan 85,8%. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa Pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual) cukup efektif untuk mengurangi tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika prisma dan limas. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan dan tes akhir pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8613
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository