Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorSISWAN, Muh. Yudi
dc.date.accessioned2018-06-28T01:16:50Z
dc.date.available2018-06-28T01:16:50Z
dc.date.issued2018-06-28
dc.identifier.nimNIM080210103001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86027
dc.description.abstractPendekatan saintifik pada kurikulum 2013 meliputi kegiatan menggali informasi melalui pengamatan, bertanya, percobaan, kemudian mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, kemudian menyimpulkan, dan mencipta. Dalam mengimplentasikan langkah-langkah pendekatan saintifik diperlukan partisipasi penuh dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Studi pendahuluan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Arjasa Jember ditemukan fakta bahwa guru mengalami kendala di dalam menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA. Dalam proses pembelajarannya guru memadukan model-model pembelajaran di dalam pendekatan saintifik, tergantung dari kemampuan kelas dan materi yang diajarkan. Dengan perpaduan model pada pendekatan saintifik ini, guru berharap siswa akan belajar sambil bermain. Akan tetapi, kendala yang dihadapi adalah waktu penerapan model yang cukup lama dan siswa cenderung bermain, sehingga kurang efektif dan efisien dalam penerapan pendekatan saintifik. Untuk itu guru perlu mencoba strategi baru yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2. Penerapan mind mapping dalam pendekatan saintifik diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2, dikarenakan mind mapping lebih menekankan pada konsep manajemen pembelajaran visual yang efisien dan kreatifitas berpikir siswa dengan membuat catatan menarik yang efektif sehingga siswa mudah untuk memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 agar mencapai SKM pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini termasik jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas XI IPA 2 di SMA Negeri Arjasa Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil data penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind mapping dalam pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Arjasa Jember pada mata pelajaran Biologi Sub Materi Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari Kriteria keaktifan aktivitas belajar yang meningkat dari kriteria sedang menjadi kriteria aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan pencapaian ketuntasan klasikal 76,19% pada siklus I dan 88,09% pada siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries080210103001;
dc.subjectMIND MAPPINGen_US
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titlePENERAPAN MIND MAPPING DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Sub Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan Kelas XI IPA 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 SMAN Arjasa, Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record