• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KARTUN POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA KELAS II SD

    Thumbnail
    View/Open
    Mira Ariyani Safitri - 140210204064_.pdf (4.749Mb)
    Date
    2018-06-28
    Author
    SAFITRI, Mira Ariyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala alam dan segala sesuatu yang terjadi di alam yang tersusun sistematis.Bahan ajar yang biasanya digunakan dalam pembelajaran IPA di SD adalah LKS dan buku paket. Penggunaan LKS dalam pembelajaran IPA dapat membuat siswa tertarik untuk belajar karena setiap materi yang disajikan bertitik tolak pada alam nyata yang sesuai dengan dunia siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 5 guru SD, mereka menyatakan bahwa LKS yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah LKS yang dibeli dari penerbit.Kompetensi yang terdapat pada LKS yang ada disekolah belum tepat, dikarenakan LKS hanya berisi pengetahuan dan pemahaman saja tanpa adanya kegiatan siswa yang dapat mengasah keterampilan siswa. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada 50 siswa, 88% siswa menyatakan malas membaca LKS dikarenakan penyajiannya kurang menarik. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan LKS baru untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPA dengan sajian yang lebih menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menambahkan media visual berupa kartunUpin Ipin. Alasan digunakannya kartun Upin Ipin dalam pengembangan ini adalah daya tarik kartun Upin Ipin terhadap siswa yang sangat tinggi, gambar kartun Upin Ipin yang lucu akan membuat siswa termotivasi pada proses pembelajaran.Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada siswa kelas II di SDN Gambor, SDN 2 Alasmalang, SDN 1 Benelan Kidul, SDN 4 Singojuruh, dan SDN 3 Singojuruhsebagian besar dari mereka menyatakan menyukai kartun Upin Ipin. Berdasarkan uraian permasalahan di atas perlu dikembangkan suatu bahan ajar berupa LKS IPA yang kreatif dan inovatif.Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKS berbasis kartun untuk pokok bahasan benda dan sifatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil pengembangan LKS berbasis kartun pokok bahasan benda dan sifatnya, (2) mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis kartun pokok bahasan benda dan sifatnya, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis kartun pokok bahasan benda dan sifatnya. Jenis penlitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas II SDN Gambor yang berjumlah 20 orang. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar validasi pengguna, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Hasil dari pengembangan ini adalah LKS berbasis kartun pokok bahasan benda dan saifatnya. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas LKS berbasis kartun tergolong dalam kategori sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi dari empat validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 87,6%. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa efektivitas LKS berbasis kartun tergolong sangat efektif dengan persentase keefektivan sebesar 90%. Hal ini diketahui dari nilai hasil belajar yang dicapai siswa.Siswa yang mendapatkan nilai ≥ KKM sebanyak 18 siswa, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebanyak 2 siswa.Data yang dihasilkan 90% siswa memperoleh nilai hasil belajar ≥ KKM, sedangkan 10% memperoleh nilai hasil belajar< KKM.Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis kartun termasuk ke dalam kategori respon positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository