• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI-NILAI KEBAJIKAN DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT JAWA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR

    Thumbnail
    View/Open
    Lianita Ana Suprapto - 140210204121_.pdf (1.460Mb)
    Date
    2018-06-28
    Author
    SUPRAPTO, Lianita Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Sumber data berasal dari 7 buku cerita yang kemudian diambil 12 cerita rakyat di dalamnya, yaitu cerita “Rangga Pesu”, “Timun Emas”, “Legenda Kawah Sikidang”, “Roro Jonggrang”, “Situ Bagendit”, “Si Pitung”, “Batu Kuwung”, “Legenda Gunung Arjuna”, “Aji Saka”, “Pangeran Pandanaran”, “Bunga Candra Kusuma” dan “Rawa Pening”. Analisis data yang dilakukan terdiri dari empat tahap yakni tahap pembacaan, tahap reduksi dan kode, tahap penyajian data dan yang terakhir adalah tahap verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, nilai-nilai kebajikan dalam kumpulan cerita rakyat Jawa terdapat 10 nilai kebajikan. Diantaranya nilai kebijaksanaan, keberanian, cinta tanah air, ambisius, optimisme, pengharapan, cinta keluarga, keadilan, kerja keras dan kesabaran. Pemanfaatan cerita rakyat sebagai alternatif bahan ajar di sekolah dasar dapat diterapkan pada kelas tinggi dan juga kelas rendah. Untuk kelas tinggi diterapkan pada kelas 6 sekolah dasar dengan menggunakan Kompetensi Dasar 3.9. Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi, Kompetensi Dasar 4.9. Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis dan visual. Untuk kelas rendah yakni kelas 3 dapat menggunakan Kompetensi Dasar 3.8. Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan, Kompetensi Dasar 4.8. Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan kesimpulan bahwa nilai-nilai kebajikan yang terdapat dalam kumpulan cerita rakyat di Jawa yang biasa dibaca oleh anak-anak memiliki nilai kebajikan. Nilai kebajikan yang terdapat dalam kumpulan cerita rakyat tersebut antara lain nilai kebijaksanaan, keberanian, cinta tanah air, ambisius, optimisme, pengharapan, cinta keluarga, keadilan, kerja keras dan kesabaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86020
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository