PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERNUANSA KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 3 TAMANAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan agar peserta didik atau siswa
dapat mencapai tujuan tertentu, yang dalam pelaksanaanya memerlukan wahana untuk
pencapaiannya. Matematika merupakan salah satu wahana pendidikan yang tidak
hanya dapat digunakan untuk mencapai satu tujuan, misalnya mencerdaskan siswa,
tetapi dapat pula untuk membentuk kepribadian siswa serta mengembangkan
keterampilan tertentu. Strategi Think-Talk-Write (TTW) bernuansa konstruktivis
merupakan suatu model pembelajaran yang mempunyai tiga langkah penting dalam
pelaksanaannya yaitu berpikir, berdiskusi dan menulis. Strategi Think-Talk-Write
(TTW) bernuansa konstruktivis ini melatih siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan
atau pemahaman sesuai dengan pola pikir mereka. Kemudian pengetahuan yang
mereka bangun secara individu akan didiskusikan dalam kelompok sehingga
diperoleh kesamaan pengetahuan baru antara anggota kelompok yang kemudian
ditulis sesuai dengan pola pikir dan bahasa mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW) bernuansa konstruktivis
pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu variabel, untuk mengkaji aktivitas
siswa saat mengikuti pembelajaran kooperatif strategi Think - Talk - Write bernuansa
kontruktivis pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu variabel dan untuk
mengkaji apakah penerapan strategi Think - Talk - Write bernuansa kontruktivis dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu
variabel.
xi
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertempat di SMP
Negeri 3 Tamanan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 48 orang, jumlah siswa
laki-laki 24 orang dan jumlah siswi perempuan 24 orang. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, tes dan
wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara individu maupun
kelompok selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes siswa untuk melihat
peningkatan hasil belajar. Adapun pengambilan data dimulai pada tanggal 3-24
Agustus 2010. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan
guru/peneliti. Wawancara dilakukan pada 3 orang siswa yaitu perwakilan dari siswa
yang memperoleh nilai tinggi, sedang dan rendah. Wawancara dilakukan untuk
mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran yang diterapakn oleh
guru dan kesulitan yang dialami siswa, sedangkan wawancara pada guru untuk
mengetahui tanggapan guru terhadap strategi yang diterapakn dikelas VII A.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan didapat
kesimpulan yaitu dari penerapan strategi Think - Talk – Write bernuansa konstruktivis
dapat meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran, siswa merasa senang dan
siswa aktif dalam keterlibatan pembelajaran. Aktivitas siswa selama pembelajaran
berada pada kategori aktif dengan rata-rata nilai 79,98 pada siklus II, sedangkan
untuk aktivitas kelompoknya berada pada kategori sangat aktif dengan rata-rata 86,25
pada siklus II. Dengan kata lain, aktivitas siswa dan aktivitas kelompok mengalami
peningkatan pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari peningkatan rata-rata kelas secara
klasikal pada siklus I sebesar 72,58 meningkat menjadi 82,07 pada siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think - Talk – Write bernuansa
konstruktivis pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Satu Variabel pada siswa
kelas VII A SMPN 3 Tamanan terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa.