• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING DENGAN METODE BELAJAR MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Wanang Mujiono.pdf (63.07Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Wanang Mujiono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika yang berlangsung di lapangan masih diajarkan melalui pembelajaran konvensional yang bersumber dari buku dan guru hanya mentransfer pengetahuan atau pikiran ke dalam pikiran siswa, sehingga rata-rata hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Strategi action learning dengan metode belajar mandiri dalam pembelajaran fisika adalah belajar gabungan antara metode belajar individu dan metode belajar kelompok yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami dari dekat suatu proses belajar yang mempelajari gejala-gejala alam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa yang dikembangkan melalui pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika antara yang menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika; (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dalam pembelajaran fisika; (3) untuk mengetahui retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang telah disampaikan melalui strategi action learning dengan metode belajar mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika kelas VII pada materi pokok pengukuran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 2 Sukowono; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri pada materi pengukuran kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori aktif; (3) retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang telah disampaikan melalui strategi action learning dengan metode belajar mandiri termasuk dalam kategori sangat tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15380]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail