PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WIRELESS APPLICATION PROTOCOL(WAP) DENGAN APLIKASI JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) PADA SUB POKOK BAHASAN JARAK DALAM RUANG DIMENSI TIGA SMA KELAS X SEMESTER 2
Abstract
Salah satu dampak perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia
pendidikan adalah munculnya konsep e-learning. Namun begitu e-learning masih lambat
perkembanganya dikarenakan mahalnya komputer dan koneksi internet di Indonesia.
Koneksi Internet dengan menggunakan ponsel menjadi solusi akses internet yang mudah
dan murah didukung perkembangan aplikasi ponsel yang membuat ponsel selain dapat
digunakan sebagai media komunikasi dan hiburan juga sebagai media pembelajaran.
Geometri mempelajari hubungan antara titik, garis, bidang dan berbagai hal yang
muncul akibat adanya hubungan tersebut, misalnya sudut dan jarak. Konsep geometri yang
bersifat abstrak membuat siswa mengalami kesulitan dalam memelajari dan memahami
geometri. Hal ini dikarenakan siswa cenderung untuk memahami bangun ruang seperti
mereka memahami bangun datar. Untuk itu diperlukan suatu media yang dapat
menjelaskan konsep keruangan menjadi lebih konkrit.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan dan
interpretasi hasil uji coba desain media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan
aplikasi J2ME pada Sub Pokok Bahasan Jarak dalam ruang Dimensi Tiga SMA Kelas X
Semester 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menginterpretasikan
media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME.
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran
matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME ini adalah Microsoft Office Word
2007, NetBeans v6.9.1 IDE, Notepad++ v5.1.3, Adode Photoshop v7.0, WAP Proof,
Opera v10.53, XAMPP v1.7.3, Easy Capture v1.2.0, Mobile Designer v2.0. Hasil dari
pengembangan ini berupa situs pembelajaran WAP disertai situs admin dan aplikasi
viii
J2ME(*.jar) yang dapat dijalankan pada ponsel-ponsel dengan spesifikasi mempunyai
browser WAP dan kompatibel dengan java.
Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini mengacu
pada pengembangan model yang dikembangkan oleh Plomp. Model tersebut terdiri
dari 5 fase yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase
realisasi/konstruksi, (4) fase tes , evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi.
Fase evaluasi dan revisi pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu konsultasi
dengan dua orang pakar yaitu pakar pembelajaran matematika dan pakar teknologi.
Fase implementasi dilakukan uji coba produk terhadap 8 orang siswa kelas X SMA
Negeri Kalisat.
Teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap data kualitatif hasil
wawancara dan analisis statistik deskriptif untuk menganalisis data hasil angket
penilaian. Analisis statistik deskriptif menggunakan analisis persentase untuk
menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket
dengan pakar pembelajaran matematika 82,50% (kualifikasi baik), pakar teknologi
87,50% (kualifikasi baik), dan tahap uji coba produk 79,62% (kualifikasi baik).
Produk akhir dari media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan
aplikasi J2ME ini terdiri dari situs WAP yang dapat diakses secara online dengan
alamat http://mathmobi.co.cc/wap/, situs admin dengan alamat http://mathmobi.co.cc/
dan aplikasi J2ME dengan format *.jar. Media ini bersifat interaktif, terorganisir,
menarik, user friendly, variatif, inovatif, dan dapat digunakan pada berbagai jenis
ponsel.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.