PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan
menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori
atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang
harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat
membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi
pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji
hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik
Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas
belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal
Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk
menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas
untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji untuk
menjawab rumusan masalah yang ketiga.
Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai = 2,26 dan nilai
= 1,99 sehingga > , maka hipotesis nihil () ditolak dan
hipotesis kerja () diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data
menggunakan uji diperoleh nilai = 0,73 dan dapat dikategorikan tinggi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan
strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011,
(2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011
selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil
belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah
mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan
teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi.