Show simple item record

dc.contributor.advisorSupeno
dc.contributor.advisorPrastowo, Sri Handono Budi
dc.contributor.authorRAHAYU, MARLINA PUJI
dc.date.accessioned2018-06-25T02:31:09Z
dc.date.available2018-06-25T02:31:09Z
dc.date.issued2018-06-25
dc.identifier.nimNIM 140210102018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85950
dc.description.abstractMasalah adalah pertanyaan atau isu yang tidak pasti dan harus diperiksa dan dipecahkan. Berdasarkan strukturnya, masalah dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu masalah yang terstruktur dengan baik (well structured problem), dan masalah yang tidak terstruktur dengan baik (ill structured problem). Kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) adalah aktivitas kognitif kompleks yang dimiliki individu dalam rangka menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah melalui pengumpulan fakta, analisis informasi, menyusun berbagai alternatif pemecahan, dan memilih penyelesaian masalah yang efektif. Salah satu tujuan pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 adalah menciptakan manusia yang dapat menyelesaikan masalah yang kompleks dengan cara menerapkan pengetahuan dan pemahaman mereka pada situasi sehari-hari. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengintensifkan pengembangan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah fisika sebagai pemeriksaan hasil belajar melalui proses-proses sains dengan menggunakan metode ilmiah. Dilandasi akan pentingnya kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) yang sudah dijelaskan maka identifikasi mengenai kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) sangat diperlukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan daerah penelitian ini dengan menggunakan metode purpose sampling area. Daerah yang digunakan sebagai daerah penelitian adalah SMA Negeri 3 Jember dengan beberapa pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 5 dan X IPA 6 di SMA N 3 Jember. Penelitian dilaksanakan pada awal semester genap tahun 2017/2018.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMENYELESAIKAN ILL DAN WELLen_US
dc.subjectHUKUM NEWTONen_US
dc.titleIDENTIFIKASI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN ILL DAN WELL STRUCTURED PROBLEM SISWA SMAN 3 JEMBER PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTONen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record