PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KUALITAS KARYAWAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk WILAYAH JEMBER
Abstract
Berdasarkan Hasil Praktek Kerja Nyata pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Wilayah Jember yang dilaksanakan pada tanggal 08 Januari 2018 sampai tanggal 08
Februari 2018, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan kualitas karyawan
PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Jember didasarkan pada kebutuhan
instansi maupun untuk kepentingan karyawan sendiri terhadap karirnya. Materi dan
metode pengembangan dilakukan dengan dua cara yaitu on the job training dan of the
job training. Kedua cara tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang
telah ditetapkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia , Tbk. Wilayah Jember.
Pengembangan karyawan merupakan suatu cara yang efektif untuk menghadapi
beberapa tantangan yang dihadapi oleh banyak organisasi besar. Manfaat
pengembangan bagi perusahaan adalah meningkatkan produktivitas perusahaan,
kemampuan karyawan, meningkatnya kompetensi dan semangat kerja karyawan serta
membantu para karyawan membuat keputusan dengan baik.