PENGGUNAAN STRATEGI IMAGE STREAMING (MENGALIR - KAN BAYANGAN) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas XI SMK Negeri 2 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
IPA adalah ilmu pengetahuan yang sistematis dan dirumuskan berdasarkan
hasil pengamatan dan induksi, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan .
Ilmu fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berkaitan
dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis. Fisika bukan hanya
penguasaan sekumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip kerja saja,
tetapi juga sebagai suatu penemuan. Tujuan pembelajaran fisika di lembaga sekolah
yaitu memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalamketerampilan,
proses meningkatkan kreatifitas, dan sikap ilmiah untuk menghasilkan karya
teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia sekarang. Untuk
mencapai sasaran tersebut, maka pembelajaran fisika perlu dilaksanakan secara baik
dan benar. Upaya memperbaiki pembelajaran selain melalui pembaharuan kurikulum,
perubahan pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pendidikan, strategi , model
maupun metode pembelajaran yang sesuai dan pola penilaian akan menentukan hasil
pendidikan. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik fisika
yaitu strategi image streaming (mengalirkan bayangan). Strategi image streaming
(mengalirkan bayangan) adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknik
pemikiran visual yang memulai suatu visualisasi dan kemudian melihat apa yang
dapat dipelajari dari hal-hal yang teramati.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar siswa
SMK yang menggunakan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) dengan
pembelajaran konvensional. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama
mengikuti pembelajaran dengan strategi image streaming (mengalirkan bayangan)
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan tempat
penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan
masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan
masalah yang kedua.
Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai ? ? ? dan nilai
= 2.0042 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa sebesar 79,5095%. dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan
analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil
belajar fisika siswa yang menggunakan strategi image streaming (mengalirkan
bayangan) dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMK
Negeri 2 Jember tahun ajaran 2010/2011 berbeda signifikan. (2) aktivitas siswa
SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika
dengan menggunakan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) termasuk
dalamkategori aktif.