• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA SISWA KELAS IV SDN GEBANG 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ana Maghfirah-140210204044.pdf SDH.pdf (5.292Mb)
    Date
    2018-06-06
    Author
    Maghfirah, Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA bertujuan agar siswa dapat belajar dari lingkungan sekitar untuk membentuk konsep siswa tentang alam. Proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dapat menjadikan siswa kurang memahami materi pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang cocok diterapkan pada pembelajaran IPA adalah metode outdoor study. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA pokok bahasan gaya kelas IV. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 04 Jember mulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 26 Januari 2018. Penelitian ini menggunakan pola non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Gebang 04 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa to < ttabel yaitu 0,547 < 2,017 yang berarti kemampuan awal sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang merupakan skor tes kemampuan berpikir kreatif siswa berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisis thitung > ttabel (5,822 > 2,017). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 yang berbunyi tidak ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember diterima dengan hasil uji efektifitas relatif pada analisis data diperoleh ER = 70,002%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85829
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository