PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA SISWA KELAS IV SDN GEBANG 04 JEMBER
Abstract
Pembelajaran IPA bertujuan agar siswa dapat belajar dari lingkungan
sekitar untuk membentuk konsep siswa tentang alam. Proses pembelajaran yang
kurang melibatkan siswa dapat menjadikan siswa kurang memahami materi
pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kreatif dalam proses
pembelajaran. Salah satu metode yang cocok diterapkan pada pembelajaran IPA
adalah metode outdoor study. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir
kreatif IPA pokok bahasan gaya kelas IV.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 04
Jember mulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 26 Januari 2018. Penelitian ini
menggunakan pola non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Gebang 04 Jember. Sebelum
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas
terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki.
Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa to < ttabel yaitu 0,547 <
2,017 yang berarti kemampuan awal sebelum diberi perlakuan adalah homogen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang merupakan
skor tes kemampuan berpikir kreatif siswa berupa hasil pre-test dan post-test yang
dianalisis thitung > ttabel (5,822 > 2,017). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 yang
berbunyi tidak ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir
kreatif pada pembelajaran IPA pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Gebang
04 Jember ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh metode outdoor study
terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN
Gebang 04 Jember diterima dengan hasil uji efektifitas relatif pada analisis data
diperoleh ER = 70,002%