• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor

    Thumbnail
    View/Open
    Zainal Arifin 130210102077.pdf (1.401Mb)
    Date
    2018-05-28
    Author
    Arifin, Zainal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Suatu pembelajaran tidak akan terlepas dari sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan di sekolah pada umumnya adalah buku paket dan LKS. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMA NU Genteng, menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum berorientasi kepada siswa untuk melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar yang belum mengoptimalkan keikutsertaan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu penyebab kurang memaksimalkan hasil belajar kognitif siswa. Pengembangan bahan ajar LKS berbasis Problem Based Leaerning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor. Diintegarsikannya model PBL diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami konsep fisika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis PBL, efektifitas bahan ajar berbasis PBL, dan kepraktisan bahan ajar berbasis PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh produk. Produk yang dimaksud berupa LKS fisika berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan subjek penelitiannya siswa kelas X1 1 di SMA NU Genteng. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil validasi bahan ajar, hasil pretest dan posttest, dan lembar observasi respon siswa setelah menggunakan LKS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85810
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository