Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SDN Plalangan 02
Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember dapat diketahui bahwa guru sudah mulai
menggunakan model dan metode pembelajaran yang invofatif namun untuk mata
pelajaran matematika guru masih jarang menggunakan metode dan model
pembelajaran yang inovatif. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran
matematika yaitu sulitnya siswa dalam memahami materi pada mata pelajaran
matematika. Siswa juga kurang percaya diri saat disuruh untuk presentasi ke
depan kelas. Permasalahan-permasalahan inilah yang menyebabkan hasil belajar
siswa relatif rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah
penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar pada materi sifat-sifat bangun datar; 2) Bagaimanakah
aktivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
pada materi sifat-sifat bangun datar; 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sifat-sifat
bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas dan hasil
belajar siswa sifat-sifat bangun datar; 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas
pembelajaran bila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; 3) Untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa bila menggunakan model pembelajaran
berbasis masalah.